Agar Mewarnai dan Mencetak Lebih Menyenangkan…..

Terkadang, untuk membuat anak kita tertarik melakukan kegiatan yang mungkin mulai membosankan karena sudah menjadi rutinitasnya sehari-hari, kita harus memikirkan cara lain supaya kegiatan yang membosankan itu kembali menjadi hal yang menyenangkan.

Seperti hari ini, untuk membuat sulungku tertarik mewarnai gambar lagi setelah beberapa hari absen karena bosan katanya. Bosan karena setiap hari ia selalu memakai benda yang sama, kalau bukan crayon ya pensil warna. Aku harus mencari cara bagaimana supaya kegiatan mewarnai ini kembali menjadi aktivitas yang menyenangkan baginya.

Beruntung, tak perlu waktu lama menemukan solusinya. Saat aku membeli alat tulis, tak sengaja melihat cat air yang juga dijual di toko yang sama. Sebenarnya untuk anak seusia sulungku Emil belum waktunya untuk memakai benda seperti cat air karena tingkat kesulitannya. Tapi  tak ada salahnya mencoba mengenalkan. Apalagi aku sudah punya ide bagaimana cara memakainya nanti.

Sesampainya dirumah, aku mencari beberapa benda yang kuanggap sangat berguna untuk kegiatan yang akan kami lakukan. Pelepah daun pisang (yang terlebih dulu kubuang daunnya), sebuah belimbing dan beberapa helai daun jambu. Tak perlu bahan yang rumit, cukup yang ada di sekitar rumah saja. Berkreasi tak harus mahal kok, hehehe.

Dan benar saja, saat aku mengutarakan niatku untuk mengajaknya mewarnai dengan menggunakan cat air. Dia kelihatan sangat tertarik. Terbukti dengan kesediaannya menyiapkan semua peralatan yang akan dia gunakan sendiri. Rajin karena ada maunya, hehehe.

cat air, belimbing, pelepah pisang dan kuas untuk digunakan mewarnai

Setelah semua yang dibutuhkan ada, sekarang waktunya memulai. Kuambil satu warna cat air, kukeluarkan di colour plate, beri beberapa tetes air, ratakan dengan kuas. Nah, siap dipakai. Kuberi contoh sekali dengan mengambil belimbing yang ujungnya di iris, celupkan di pewarna lalu cetak di atas kertas. Beruntung, Emil cepat tanggap, bahkan belum sempat aku contohkan dengan benda lainnya, semua sudah berpindah ke tangannya “tidak usah dicontohin lagi, Bunda. Kakak sudah bisa…!” katanya semangat. Dan benar saja, beberapa saat kemudian tangannya sudah sibuk berkreasi di atas kertas. Kubiarkan saja ia menikmati aktivitasnya, sambil sesekali bertanya kalau saja dia butuh bantuan. “tidak, Bunda… kakak bisa sendiri” jawabannya setiap kali kutanya. Bagus lah….

membuat gambar bintang dengan belimbing

 

mewarnai gambar ikan

gambar ikan dengan sirip dari hasil cetak menggunakan pelepah daun pisang

Nah, seru bukan….?! Mewarnai dan mencetak menggunakan benda-benda sederhana di sekeliling kita. Mudah, murah dan menyenangkan. Hasilnya juga bagus kan..?!  Selamat Mencoba…

 

 

 

 

 

1 Komentar

  1. kelihatan seru🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: